Friday, 30 October 2020
3 views

102 Titik Pemantauan Hilal: Pantai Sumpang Kabupaten Barru Salah Satu Diantaranya

BARRU, DETEKTIF – Dari 102 titik pemantauan hilal yang ditetapkan Kementerian Agama RI, Pantai Sumpang Binangae Kab. Barru menjadi salah satu diantaranya. Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulsel bersama BMKG wilayah IV Makassar menggelar pemantauan Hilal (Rukyatul Hilal), Minggu (05/05/19).

Menurut Ketua Badan Hisab dan Rukyat Prov. Sulsel, Abbas Padil, Matahari terbenam pada pukul 17.57 wita dengan ketinggian Hilal telah mencapai 5° dan lama hilal diatas ufuk 25 menit sehingga 1 ramadhan 1440 H diperkirakan jatuh pada tanggal 06 Mei 2019.

Meski demikian dari pemantauan Hilal baru dapat terlihat meski sangat tipis pada pukul 18.17 wita melalui hasil analisis pantauan BMKG, seperti yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Sulsel, H. Anwar Abubakar. Hal ini dikarenakan cuaca hari ini cukup mendung dan berawan, ujarnya.

“Apa yang menjadi hasil pengamatan dan analisis kita hari ini, akan kita laporkan segera kepada Kementerian Agama RI, sebagai bahan rujukan pelaksanaan Sidang Itsbat nantinya”.

Pada kesempatan yang sama, H. Anwar Abubakar turut berpesan kiranya pelaksanaan ibadah Ramadhan tahun ini, agar seluruh lapisan masyarakat senantiasa menjaga kenyamanan dan ketentraman, semoga bulan ramadhan dapat membentuk kita menjadi manusia yang jauh lebih taqwa.

Seluruh Jajaran Pejabat Eselon III kanwil Kementerian Agama Sulsel, awak Media, Ketua Pengadilan Agama Kab. Barru, Sejumlah Ormas Islam beserta masyarakat setempat turut hadir menyaksikan proses pemantauan hilal.(SP/Dtf/Td)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *