Friday, 23 October 2020
3 views

Jemaah Haji Kloter Pertama UPG Direncanakan Diterima Gubernur Sulsel

Makassar, Detektif – (Inmas Sulsel), – Tidak Terasa Sejak proses pemberangkatan Jemaah Calon Haji di Embarkasi Haji Sudiang Makassar yang dimulai pada tanggal 17 Juli 2019 lalu, pada hari ini (Minggu, 18 Agustus 2019) Kloter Pertama Embarkasi Haji Makassar akan tiba kembali di Tanah Air.

Rencananya Kloter 1 UPG ini akan diterima secara resmi oleh Gubernur Sulsel yang didampingi oleh Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel selaku Ketua PPIH Embarkasi Debarkasi Haji Makassar.

Jemaah Haji Kloter 1 UPG yang berjumlah 450 orang jemaah ditambah 5 orang petugas diperkirakan tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar Menumpang Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 1201 sore hari ini pukul 17.24 Wita jelang Magrib, setelah takeoff dari Bandara Jeddah pada Pukul 00.22 WAS.

Persiapan Kedatangan Jemaah Haji Kloter Pertama asal Kota Makassar ini sudah tampak sejak pagi di Asrama Haji Sudiang Makassar. Utamanya di Aula Arafah yang menjadi lokasi utama Penerimaan Jemaah Haji, termasuk sejumlah fasilitas penunjang seperti Peralatan XRay dari Angkasapura Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Selain itu, sejak pukul 14.30 Wita tadi, sejumlah panitia pendukung sudah melakukan simulasi awal diantaranya ujicoba jalur kedatangan Bus Damri Dinas Perhubungan yang akan mengangkut Jemaah Haji dari Bandara menuju Aula Penerimaan di Asrama Haji Sudiang, termasuk kendaraan truk pengangkut Barang Jemaah haji dari Fihak Garuda.

Selain itu, personil dari petugas kesehatan yang berasal dari Dinas Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar juga nampak nampak siaga dengan sejumlah kendaraan Ambulance yang akan mengangkut khusus bilamana diperlukan jemaah yang sakit. Termasuk kesiapan personil kesehatan yang akan melakukan pengukuran suhu tubuh setiap Jemaah haji sebelum turun dari.pesawat dengan menggunakan Alat Termometer Infrared.

Begitupun dengan petugas keamanan yang dikomandoi oleh Petugas Kepolisian dari Dit Pam Orvit Polda Sulsel sebanyak 40 orang dibantu oleh petugas keamanan Dari pihak Asrama Haji Sudiang dan Kanwil Kemenag Sulsel. Pengamanan untuk prosea kedatangan kami ini akan.lebih diperketat mengingat suasana psikologis keluarga yang akan menjemput jemaah hajinya lebih tinggi tensinya dibanding saat keberangkatan pemberangkatan, hal ini disebabkan oleh rasa rinsu yang memuncak dan adanya stigma yang berkembang di kalangan masyarakat terkait berburu berkah dari tanah suci.

H. Solihin selaku wakil sekertaris PPIH embarkasi Makassar menyatakan, bahwa Insya Allah PPIH siap menerima jemaah haji yang berasal dari kloter kloter Embarkasi Makassar yang berisi jemaah haji dari 8 provinsi Di Indoneaia Timur.

Solihin juga berharap proses Debarkasi tahun ini bisa berjalan lancar dan sukses sebagaimana yang diharapkan oleh semua fihak.

Laporan:safrida sf

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *