Monday, 26 October 2020
0 views

Akibat Bendungan Jebol, Produksi Pertanian Masyarakat Borisallo Menurun

Gowa – Parangloe (Detektif). Bendungan dan saluran irigasi desainer yang dibangun oleh pemerintah desa Borisallo beberapa tahun silam untuk mengaliri ratusan hektar area persawahan milik warga desa Borisallo khususnya yang berada di Dusun Bontojai kini kondisinya telah jebol dan tidak mampu lagi menampung debit air sehingga masyarakat kewalahan untuk mengatur aliran air ke area persawahan mereka serta saluran irigasi yang sudah rusak parah dan pernah perbaikan perbaikan.

Ditemui dikediamannya Minggu (09/02/2020) Kepala Desa Borisallo Sofyan Liang mengemukakan bahwa Bendungan yang berada tidak jauh dari kantor desa Borisallo ini, sebelum jebol sangat bermanfaat karena masyarakat bisa menanam padi tiga kali dalam setahun dan setelah kini jebol masyarakat hanya bisa menggarap sawah jika musim hujan telah tiba, serta saluran irigasi yang kondisinya kini membutuhkan perbaikan yang serius serta anggaran yang cukup besar, terangnya kepada detektif.

Pemerintah Desa dalam hal ini memperbaikinya tidak mampu untuk memperbaiki bendungan dan saluran irigasi desa, hal itu boleh dilakukan dengan menjadikannya program kerja yang dianggarkan pada Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) pemerintah desa yang mengelolah anggaran sebanyak satu koma tujuh milliar rupiah mengingat sarana ini sangat dibutuhkan masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian mereka, tetapi proyek ini membutuhkan anggaran yang sangat besar.

Sedangkan kondisi desa Borisallo saat ini ada beberapa perioritas utama yang juga sangat dibutuhkan masyarakat saat ini.

Jadi, lanjut Sofyan sebagai kepala desa Borisallo saat ini dirinya instansinya berkoordinasi dengan instansi yang terkait baik itu pemerintah kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan pusat untuk meminta bantuan anggaran untuk memperbaiki bendungan yang jebol dan saluran irigasi yang rusak, tetapi hingga saat ini belum mendapat respon dari pihak manapun.

Untuk itu, Sofyan berharap agar pemerintah melalui instansi yang terkait serius memperhatikan hal ini dengan memberikan bantuan anggaran untuk merealisasikan pekerjaan ini agar masyarakat Borisallo kembali bisa makmur dengan memperoleh hasil pertanian yang melimpah seperti dulu waktu bendungan dan saluran irigasi bekerja secara maksimal tanpa hambatan dan kerusakan seperti kondisinya pada saat ini. Harapnya.

(Arfah)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *