Saturday, 06 March 2021
68 views

Diklat Daring  Gumun Menulis  1000 Esai Telah Sampai di Ujung Kegiatan

JAWA TENGAH – DETEKTIFONLINE.COM, Alhamdulillah  Diklat Daring  Gumun Menulis  1000 Esai telah sampai di ujung kegiatan.  Diklat ini dimulai tanggal 21 Desember 2020 s.d.  15 Januari 2021. Diklat ini  diadakan oleh  komunitas Guru Mengajar Untuk Nusantara (GUMUN) bekerja sama  dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dan Solopos secara virtual melalui aplikasi Free Conference Call yang diikuti oleh peserta dari kalangan guru, dosen, mahasiswa bahkan dari Dinas Pendidikan dan Balai Bahasa.   Jumlah peserta dikdar sebanyak 909 orang, instruktur 63 orang, dan narasumber 4 orang.  Akan tetapi, karena banyaknya kesibukan lain, faktor kesehatan, dan lainnya jumlah peserta yang mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai adalah 679 orang.

Peserta diberikan materi webinar selama 3 hari oleh pakar esai dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Solopos. Selain itu, peserta juga mendapatkan pendampingan khusus dari Instruktur untuk menghasilkan esai. Akan tetapi, peserta yang memenuhi kriteria kelulusan seperti melakukan pendampingan terbimbing dari instruktur dan esai yang dibuat batas maksimum tingkat plagiasi dibawah 30% layak lulus dan mendapatkan sertifikat 32 JP. Kegiatan spektakuler ini  akan membukukan dan menerbitkan berisbn untuk kumpulan esai peserta menjadi buku antologi esai. Tidak hanya itu, tiga esai terbaik akan dipublikasi di Harian Solopos. Di penutupan Diklat Daring ini Bapak Dr. Ganjar Harimansyah, M.Hum Kepala  BBPJT dan Bapak Suwarmin Direktur Solopos memberikan apresiasi luar biasa kepada panitia karena telah menyelesaikan kegiatan ini dengan lancar. Mereka juga menginginkan kegiatan ini harus berkelanjutan agar tingkat publikasi ilmiah meningkat. Mereka siap memfasilitasi kembali kegiatan publikasi ilmiah dengan harapan peserta termotivasi untuk menulis.

Ketua  Umum  Gumun, Bapak Sri Wahono,S.Pd dalam sambutannya menyampaikan  bahwa kegiatan diklat daring ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memfasilitaskn kegiatan ini dan diharapkan para peserta dapat meningkatkan kompetensinya dalam hal tulis menulis seperti karya esai ini, yang nantinya karya esai ini akan di bukukan dan diterbitkan berISBN sebagai suatu karya fenomenal dari guru-guru senusantara  di abad 21 ini. Dan di laporkan pula bahwa kegiatan diklat daring Gumun Menulis 1000 Esai didampingi oleh 63 orang Instruktur  yang selalu siap membimbing peserta sampai tercipta suatu karya Esai. Para Instruktur tanpa rasa lelah, ikhlas  dalam melakukan pembimbingan hingga peserta  termotivasi menyelesaikan tulisan Esainya. Disamping Instruktur pada kegiatan ini  juga ada tim asesor yang handal sebanyak 5 orang yang akan menilai tulisan peserta yang sesuai kriteria kelulusan dalam diklat daring ini. Ketua panitia diklat daring ini ibu Arrie Widhayani, M.Pd melaporkan bahwa dari 909 peserta yang mendaftar  maka yang dinyatakan lulus adalah 437 orang  dengan didampingi oleh 63 Instruktur.  Tiga Esai terbaik akan di publikasikan oleh Solopos dan mendapatkan merchandise dari BBPJT dan Gumun.

Selain itu, esai peserta lainnya akan dibukukan dan diterbitkan  ber ISBN  sebanyak dua jilid. Kami pihak Gumun mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak  sebagai sponsor yang telah menyukseskan kegiatan diklat daring Gumun 1000 Esai seperti  BBPBJT, Solopos Institute, RRI Surakarta, Big Company, deepublish, Detektif Tabloid, Dunia Pendidikan, Surat Kabar Halo Sriwijaya, Tribun Post. ( Zaenab-Instruktur Dikdar Gumun Menulis 1000 Esai). ( Rds )

Print Friendly, PDF & Email
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *