Saturday, 27 February 2021
19 views

Nurdin Abdullah: Indonesia Ditakdirkan Beri Makan Warga Dunia

 

MAKASSAR, PEMPROV SULSEL — Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, meyakini bahwa Indonesia telah ditakdirkan menjadi sumber pangan dunia. Memberi makan dunia. Sumber daya alam yang berasal dari pertanian dan kelautan menjadi sumbernya. Sulsel memiliki peran yang besar di sektor ini.

“Bahwa Indonesia sudah ditakdirkan untuk beri makan warga dunia. Indonesia sudah ditakdirkan sebagai negara agraris dan negara maritim,” kata Nurdin Abdullah, saat menghadiri pelantikan dan rapat kerja pengurus Pusat Ikatan Kekerabatan Masyarakat (IKM) Sidrap dan Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Asal (ISA) Sidrap, di Hotel Four Points by Sheraton, Senin, 22 Februari 2021.

Ada sekitar 100 pengurus yang dilantik sebagai pengurus periode 2020-2025. Mereka yang hadir merupakan perwakilan berbagai bidang, dilakukan menimbang pandemi masih berlangsung.

Selain dihadiri gubernur, hadir juga Ketua DPRD Sulsel, Wakil Ketua DPRD Sidrap, Pj Wali Kota Makassar, Sekretaris Kabupaten Sidrap, Ketua DPRD Sidrap, Ketua IKM Sidrap Prof Alimuddin Unde, dan Ketua ISA Sidrap Mahmud Lakaiya.

Nurdin mengaku bangga akan hadirnya dua organisasi besar asal Sidrap ini yang dapat dan sangat menentukan perjalanan pembangunan daerah Sidrap. Termasuk sebagai lumbung pangan Indonesia yang juga memiliki peran memberikan makan pada dunia.

“Dengan potensi Sidrap, dengan IKM dan ISA Sidrap tidak hanya akan mendukung komoditi padi dan jagung. Tetapi juga komoditi lain yang bisa diekspor, ini juga bisa kita lakukan,” tuturnya.

Dari segi SDM, IKM dan ISA dapat melakukan pemetaan menemukan sumber daya yang sangat kompeten dalam mendorong percepatan pembangunan di Sidrap.

“Setiap kita berbicara, kita bisa jelaskan, kita punya Eselon I di kementerian di Jakarta sekian orang. Kita punya kepala dinas di kabupaten/kota sekian. Ini penting sekali, termasuk pengusahanya,” tambahnya.

Sementara, Sekretaris Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi, menyampaikan, sangat besar perhatian dari Gubernur Sulsel. Baik untuk pembangunan atau menghadiri kegiatan secara langsung ke Sidrap.

“Banyak dukungan yang beliau arahkan dari Bantuan Keuangan Daerah. Ini mendorong dan mengungkit percepatan pembangunan di Sidrap,” sebutnya.

Sedangkan, Prof. Alimuddin Unde menyampaikan, warga Sidrap yang bermukim di Makassar sekitar 30 ribu orang dengan berbagai profesi dan komunitas. Sehingga, warga Sidrap baik yang ada di Makassar ataupun kabupaten lain dapat mendorong potensi daerah tempat mereka bermukim.

“Di mana ada orang Sidrap, disitu potensi yang bisa dikembangkan dengan kompetensi yang dimiliki,” ujarnya.

Ia juga berharap, pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan daerah, dapat mendorong peningkatan pendapatan daerah dengan berbagai aktivitas yang dioptimalkan.

“Yang telah kita lakukan, kemarin Kementerian Dalam Negeri dengan Universitas Hasanuddin dalam rangka pemetaan potensi daerah. Ini juga karena kita sudah ada kerjasama dengan pemerintah daerah kita dorong ke depan kabupaten bisa petakan desanya. Apakah itu pariwisata atau pertanian maupun industri,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Mahmud Lakaiya menyampaikan rasa haru atas hadirnya tokoh-tokoh Sulsel dalam pelantikan ini. Ini sebagai bentuk kecintaan pada masyarakat Sidrap.

Ia mengapresiasi respon gubernur yang dengan cepat menerima audiensi pengurus. Demikian juga pembangunan infrastruktur dengan melakukan aspalisasi jalan.

“Dan kita sudah rasakan di jalan poros, kalau dulu berlubang ini sudah beraspal. Semoga beliau diberikan kesehatan untuk memberikan sentuhan bagi Sidrap,” ucapnya.(*Latif Nudju)

Print Friendly, PDF & Email
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *