Sunday, 25 October 2020
2 views

Sawah Di Desa Bambaira Kering, Gagal Di Tanami Padi Karena Bendunga Jebol

Pasangkayu, Detektif –  -Puluhan hektar sawah milik masyarakat di Desa Bambaira, Kecamatan Bambaira, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat, mengalami kekeringan sehingga tidak dapat menanam padi.

Disebabkan karena bendungan di Desa Kaluku Nangka jebol beberapa waktu lalu dan belum ada perbaikan dari pemerintah setempat.

Agusalim Salah satu pemuda warga Desa Bambaira saat dikonfirmasi mengatakan bahwa sawah di desanya tidak bisah di tanami Padi Karena sudah dua bulan kering , akibat jebol bendunga karena dugaan derasnya air sungai kaluku nangka mengakibatkan pembangunan bendugan irigasi yang jebol , berada di Desa Bambaira tidak teraliri air atau kering dan sampai sekarang belum ada tanda-tanda akan diperbaiki dari Pemerintah setempat.

“Kami sudah melaporkan kerusakan bendungan Kaluku Nangka ke Dinas PUPR Pasangkayu. Namun, pihak Dinas belum bisa memperbaiki karena terkendala dengan anggaran,” ujarnya. Sabtu (17/8).

Padahal, awah yang tidak bisa ditanami padi merupakan satu-satunya sumber penghasilan masyarakat Desa Bambaira untuk menyambung hidup.

“Sekarang sawah ini tidak bisa ditanami padi karena air irigasi tidak mengalir ke sawah. Akibatnya, puluhan petani di Desa Bambaira terancam kehilangan sumber penghasilan untuk menghidupi keluarganya,” ujarnya.

Agus berharap agar pemerintah setempat segera memperbaiki bendungan yang jebol tersebut, sehingga air irigasi dapat mengalir kembali ke sawah petani.

“Kasihan melihat petani. Ekonomi mereka terpuruk. Sawah yang selama ini jadi sumber penghasilan tidak bisa ditanami padi,” tutupnya.(Jamal)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *