Thursday, 22 October 2020
14 views

Anggota DPR RI Hasnah Syam bawa BKKBN Sulsel Sosialisasi Pembangunan Keluarga di Barru

BARRU-Detektifonline.com, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Barru kembali memfasilitasi sosialisasi program pembangunan keluarga di Kabupaten Barru. Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat ini, yakni Bola Pitue Padongko dan Baruga Singkeru Ada’e Rujab Bupati Barru, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu.

Kegiatan ini terlaksana atas kolaborasi sinergis antara Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulsel dengan Mitranya yakni drg. Hj. Hasnah Syam MARS selaku Anggota DPR RI., yang kemudian dilaksanakan bersama Perangkat Daerah Barru yang membidangi.

Hasnah Syam sebagai Tokoh Nasional asal Kabupaten Barru yang duduk sebagai Anggota DPR RI Komisi IX yang menangani Kesehatan, Ketenagakerjaan dan Kependudukan yang belum genap setahun dilantik dan berada di Senayan memang selama ini berupaya untuk terus hadir membawa program nasional ditengah-tengah masyarakat yang diwakilinya di beberapa Kabupaten di Sulsel.

Entah berapa kali mantan Kepala Dinas Kesehatan Barru ini mengirimkan tim penanganan Covid-19 di Sepuluh Daerah Pemilihannya disertai edukasi dan penyerahan bantuan, demikian pula dengan bantuan bagi pihak yang sedang ditimpa musibah baik kebakaran maupun banjir.

Di Kabupaten Barru sebagai daerah yang menyumbang suara terbanyak sekaligus tempat Suami dari Hasnah Syam yakni Ir. H. Suardi Saleh M.Si menjadi Kepala Daerah, Senator Perempuan Sulsel ini terus berkesinambungan membawa program nasional ke wilayah di pesisir barat pulau Sulawesi Selatan.

Setelah membawa BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, dan Badan Penyelidikan Obat dan Makanan (BPOM) ke Kabupaten Barru untuk sosialisasi dan penyaluran program. Kali ini, Hasnah Syam mengandeng Mitra dalam Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kenapa perempuan beda, sebab kalau ada hal yang ingin disampaikan oleh ibu-ibu kepada (Pejabat) sesamanya Ibu, maka akan lebih mudah sebab saya terbuka 24 jam menerima ibu-ibu, hp saya selalu terbuka, Dan saya melihat di Kabupaten Barru belum ada keterwakilan perempuan (di tingkat nasional)” sebutnya sembari menyampaikan bahwa keterwakilannya sebagai senator asal Barru akan terus dimanfaatkan untuk membangun para Perempuan dan Anak di Daerah yang diwakilinya.

Semangat Hasnah Syam dalam menggaungkan peran gender dalam memotivasi para perempuan untuk terus berbuat kebaikan dalam mendukung jalannya kehidupan maupun terlibat dalam program Pemerintahan memang sangat luar biasa.

“Kepala BKKBN seorang perempuan, Ibu Camat juga perempuan, anggota DPR RI nya juga perempuan, Kenapa saya ingin maju di DPR RI kemarin agar ada yang mewakili kaum perempuan” pungkasnya dihadapan masyarakat Padongko yang dihadiri Camat Barru Andi Hilmanida beserta beberapa perangkat kecamatan dan kelurahan Mangempang.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Dra. Hj. Andi Ritamariani M.Pd yang hadir langsung memberikan edukasi yang diawali dengan perkenalan atas tugas Pokok dan Fungsi BKKBN sebagai Lembaga yang konsen di pembangunan keluarga sesuai amanah regulasi.

Secara lugas, Andi Ritamariani menjabarkan 8 fungsi keluarga yang harus dijalankan yakni fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan fungsi pelestarian lingkungan.

Pemateri selanjutnya adalah Kepala Dinas PMD, PPKB, PPPA Barru Jamaluddin, S.Sos, M.H. yang menjelaskan peran penting perempuan khususnya para Ibu untuk membina keluarga agar sesuai dengan harapan. Harapan agar dari sisi etika moral maupun penyiapan kebutuhan materil, khususnya dalam menghadapi gempuran modernisasi teknologi informasi yang membawa serta sisi negatif yang perlu ditangkal.

(Asr/Humas Barru)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *