Saturday, 31 October 2020
24 views

Bersama Petani, Bupati Langsung Saksikan Panen Bawang Merah di Kecamatan Pujananting

 

BARRU-Detektifonline.com, Bulan Juni lalu, saat Pandemic Covid-19 menuju New Normal, Bupati Barru bersama segenap jajarannya melakukan penanaman bawang merah di lokasi Kelompok Tani Punranga III, Dusun Punranga, Desa Pujananting, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru, sebuah wilayah pegunungan sisi selatan Barru yang jaraknya sekira 70 Km dari pusat Kota Barru.

Peristiwa tiga bulan lalu itu ditindaklanjuti sepulang perjalanan mengunjungi Desa Gattareng, Bupati Barru Suardi Saleh menyempatkan diri mengunjungi lahan pertanaman bawang untuk melihat bagaimana keberhasilan petani bawang di Desa Pujananting, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru, Selasa (1/9/2020).

Salah satu perwakilan dari Kelompok Tani di Desa tersebut mewakili dan menyerahkan hasil tanaman bawang mereka secara langsung kepada Bupati Barru Suardi Saleh. Selain kepada Bupati Barru, bukti hasil tanaman bawang yang telah berhasil juga diserahkan kepada Ketua DPRD Barru Lukman T.

Bupati Barru mengapresiasi Petani Bawang di Desa Pujananting sebab tanam bawang mereka berhasil sesuai harapan.

“Alhamdulillah, apa yang dicapai petani kita saat ini di Desa Pujananting sudah terbukti. Ia berharap agar petani jangan patah semangat untuk melakukan pertamanan dan apapun itu untuk pengembangan varietas baru ini di Pujananting” ajak Suardi Saleh yang juga Ketua DPD Nasdem Barru.

Ia menekankan agar terus berbuat di Daerah sebab masih banyak potensi lahan tidur yang bisa dimanfaatkan dan bisa menghasilkan untuk kebutuhan ekonomi masyarakat.

“Selain padi dan Bawang, banyak potensi pertanian yang sangat menjanjikan. Saat ini Pemerintah menyiapkan bibit, ada biaya pemeliharaan belum lagi asuransi bilamana terjadi puso atau hal yang tidak diinginkan” urai Suardi Saleh memberikan dorongan dan jaminan pada kesejahteraan masyarakat petani secara langsung.

Kepala Desa Pujananting, Rahman menyampaikan bahwa di Desa Pujananting, apa yang ditanam petani sudah dapat dibuktikan. Mantan Komisioner KPU Barru mengatakan,
“Kondisi alam d lokasi begitu sangat strategis bukan hanya bawang merah, namun juga untuk kacang tanah, kopi, durian dan sukun tapi semangat dan antusias petani sehingga apa yang diharapkan berhasil”.

Tentu saja, hasil ini adalah peran semua pihak yang hadir meyakinkan semua stakeholder pertanian di masyarakat termasuk melakukan pembinaan, edukasi, dan sama mendoakan agar apa yang diupayakan mendapatkan keberkahan. Rahman yang dengan muka berseri melihat kebahagiaan petani di daerahnya tidak luput menyampaikan rasa hormat dan terima kasihnya kepada Pemerintah Daerah yang mensupport komoditas ini dibudidayakan di Desanya.

“Ini kita patut bersyukur kepada Allah atas keberhasilan ini. Dan terima kasih juga kepada Bupati Barru dan Dinas Pertanian yang telah mensupport sehingga bawang ini berhasil di Panen,Alhamdulillah panen petani bawang sudah berhasil” ungkap Kepala Desa yang dikenal murah senyum dan ramah ini.

(Asr/HB)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *