Monday, 18 January 2021
22 views

Bupati Barru Kunjungi Saluran Irigasi, Hadirnya Saluran Irigasi Tingkatkan Hasil Produksi Pertanian.

 

Barru,Detektifonline.com-Bupati Barru H. Suardi Saleh sesaat setelah melakukan penanaman bawang merah melakukan kunjungan pembangunan rehab saluran irigasi yang sudah selesai pengerjaannya yang dikerjakan masyarakat Desa Balusu secara swakelola.

Pembangunan saluran irigasi yang merupakan program bantuan Kegiatan Pengelolaan Air Irigasi APBN Ditjen Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian TA. 2020.

Kucuran dana APBN yang dianggarkan untuk Desa Balusu ini sengaja diperuntukkan pembangunan saluran irigasi, karena ini sangat penting sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian untuk dapat meningkatkan hasil produksi pertanian guna mendukung program ketahanan pangan nasional.

Ketua Kelompok Tani Mabbulo Sibatang Desa Balusu, Syamsuddin mengatakan, pembangunan saluran irigasi ini memang sangat dibutuhkan untuk mengairi lahan. Menurutnya, dengan adanya saluran irigasi yang baru ini dapat memberikan kemudahan dan kelancaran saat petani mengairi lahan persawahannya.

“ Pembangunan saluran irigasi sepanjang 200 meter ini sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan irigasi untuk pertanian lahan persawahan warga desa, “ ungkapnya.

Dia berharap dengan adanya saluran irigasi yang baru ini, pendistribusian air untuk mengairi lahan persawahan petani bisa semakin lancar, dan sudah siap untuk menampung debit air saat musim penghujan agar air tidak meluber ke area lahan persawahan.

“ Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, karena dengan adanya bantuan ini masyarakat petani merasa terbantu, karena sebelumnya hanya bisa mengairi 30 hektar lahan dan alhamdulillah setelah ada rehab irigasi ini mampu mengairi sampai 60 hektar. Kami berharap dengan adanya pengairan ini mampu meningkatkan hasil panen petani, “ ungkapnya.

Sementara itu Bupati Barru saat melakukan peninjauan, selasa (09/06/2020) memberikan apresiasi kepada kelompok Tani Mabbulo Sibatang bersama seluruh masyarakat Desa Balusu yang sudah mengerjakan rehab saluran irigasi yang dikerjakan secara swakelola.
” Hadirnya bantuan dari Ditjen Prasarana dan sarana Kementrian Pertanian, sangat membantu petani di Desa Balusu, Karena dengan ketersediaan saluran irigasi yang terawat dengan baik, maka petani di Desa ini dapat melaksanakan usaha tani sepanjang tahun tanpa kesulitan pengairan pertanian” ungkap Bupati Barru H. Suardi Saleh.

“ Atas nama Pemerintah Kabupaten Barru menyampaikan terima kasih kepada Ditjen Prasarana dan sarana Kementrian Pertanian yang telah memberikan bantuan berupa jaringan irigasi ini. Semuanya ini tidak luput dari peran serta Dinas Pertanian Kabupaten Barru yang berperan aktif melakukan komunikasi ke atas sehingga bantuan ini turun dan bisa dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Barru. “ pungkasnya.

(Asr/Andri)

Print Friendly, PDF & Email
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *