Monday, 26 October 2020
14 views

Bupati Barru Letakkan Batu Pertama, Ponpes DDI Takkalasi Bakal Miliki Rusun

BARRU-Detektifonline.com, Pondok Pesantren DDI Al-Ikhlas Addary Takkalasi Kecamatan Balusu bakal mendapatkan tambahan RKB dan Rumah Susun Santri yang merupakan bantuan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI).

Tahapan pembangunan RKB dan Rusun tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Barru, Suardi Saleh, Rabu (2/9/2020).

Turut dihadiri, Kepala Balai Penyediaan Perumahan dan rumah susun (Rusun) Provinsi Sulsel Ir Sugiharto, Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Anggota Komisi IX DPR RI Hasnah Syam, Pimpinan Pondok Pesantren DDI Takkalasi Drs. KH. Mansyur Mustafa, Ketua Cabang DDI Takkalasi H. Maqbul Arief, Anggota DPRD Barru Syahrul Ramdhani, Dinas PUPR Barru, Camat Balusu dan Lurah Takkalasi, serta Pembina Ponpes DDI Takkalasi.

Kepala Balai Penyedia Rusun Provinsi Sulsel, Sugiharto, mengatakan, tujuan dari hadirnya Rusun Santri ini tidak lain untuk memberikan fasilitas yang baik kepada sejumlah pendidikan dalam hal peningkatan kualitas Pendidikan.

“Dengan fasilitas yang baik maka tentunya hasil yang diberikan juga bisa lebih maksimal dan baik pula, maka kemudian kita terus lakukan ini tidak lepas bagaimana bersinergi kepada para pelaku Pendidikan dalam menciptakan anak didik yang berkarakter,” ucapnya.

Selain itu, kata Sugiharto, langkah ini sebagai bentuk atau upaya bagaimana memberikan perhatian tersendiri dari Pemerintah Pusat oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam penyediaan rumah dan penataan kawasan lingkungan pendidikan.

“Fasilitas rusun ini sendiri nantinya telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya Listrik, Air, Mobiler Lengkap seperti tempat tidur bertingkat beserta kasur dan lemari pakaian,” urainya.

Pada kesempatan ini juga dirinya menitipkan harapan besar dari Kementrian PUPR RI agar bantuan tersebut dipelihara dan dijaga dengan sangat baik, karena sifatnya hibah maka pengelolaan sepenuhnya diserahkan kepada Pondok Pesantren.

“Kami harapkan bangunan berlantai dua ini dengan jumlah barak sebanyak 24 unit dan mampu menampung sebanyak 80 orang ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan pemeliharaan betul-betul dijaga dan ditata dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Sementara Bupati Barru H. Suardi Saleh usai peresmian mengatakan terima kasihnya kepada Kementerian PUPR yang telah membangun Rumah Susun ini.

“Dengan adanya Rusun Santri dapat menjadi motivasi bagi para santri untuk lebih giat belajar dan pembinaan di Pondok Pesantren tentunya memudahkan pembina atau guru mengontrol para santri,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Barru memberi penghargaan atas nama pemerintah kepada para Donatur, sesepuh dan Pimpinan Pondok Pesanteren DDI, Ketua Cabag DDI Takkalasi yang telah membantu perkembangan Pondok Pesantren DDI Takkalasi ini.

“kita apresiasi kepada mereka karena telah membantu atau mewakafkan lokasinya untuk sarana pembinaan keagamaan terutama Pondok Pesantren DDI Takkalasi,” kata Mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Pinrang.

Sementara itu Pimpinan DDI Mangkoso, Drs KH Mansyur Mustafa sangat bahagia atas selesainya Rusun Pondok Pesantren yang dipimpinnya.

“Terima kasih kepada Bupati Barru dan Balai Penyedia Perumahan yang telah membantu Rusun ini,” ucapnya.

Pondok pesantren DDI Takkalasi selain mengajarkan ilmu agama, tentunya juga harus memajukan semangat santrinya, apalagi dengan adanya Rusun ini.

(Asr/HB)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *