Friday, 30 October 2020
31 views

Deklarasi ODF Tingkat Kecamatan Barru

 

BARRU-Detektifonline.com,Deklarasi Open Defication Free (ODF) se Kecamatan Barru berlangsung di Ujung Batu, Kelurahan Coppo, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Selasa (28/7).

Pada kesempatan tersebut, Camat Barru Andi Hilmanida dengan lantang memimpin deklarasi elemen masyarakat Se-Kecamatan Barru dihadapan Bupati Barru Suardi Saleh serta Tim Forum KKS dan beberapa pejabat daerah lainnya.

Andi Hilmanida juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan terkhusus kepada Bupati Barru dan Ketua Tim Penggerak PKK yang telah memberi semangat sehingga Kecamatan Barru berhasil meraih ODF.

“Kendati dua kelurahan di Kecamatan Barru yakni Mangempang dan Sumpang Binangae nanti pada detik-detik terakhir baru ODF, tetapi selaku pemerintah kecamatan sangat mengapresiasi” ujarnya Andi Hilmanida.

Mantan Sekcam Soppeng Riaja ini menyampaikan bahwa ODF ini sangat penting dalam rangka mewujudkan kesehatan yang paripurna dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat sebagai tujuan bersama.

“Untuk ikut bertanggung jawab dalam peningkatan derajat kesehatan diwilayah kami” ucap Camat Barru dalam janji dan ucapannya.

Tercapainya ODF ini, berkat kerjasama semua komponen masyarakat tanpa terkecuali apalagi berdasarkan data hampir semua Desa dan Kelurahan telah ODF atau telah lebih dari 50 Desa/Kelurahan yang ODF dan menunggu jadwal untuk Deklarasi. Saat ini baru Pujananting, Tanete Riaja, dan Kecamatan Barru yang telah Deklarasi ODF Kecamatan.

Sementara ketua Forum KKS, drg Hj Hasnah Syam MARS dalam sambutannya mengatakan, perhargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pemerintah dan masyarakat serta semua unsur di Kecamatan Barru yang terlibat sampai suksesnya meraih ODF.

“Saya sempat berpikir kalau Kecamatan Barru adalah kecamatan terakhir tapi Alhamdulillah setelah dua kelurahan yang masih tertinggal tapi dengan kegigihan, pemerintahnya akhirnya berhasil meraih ODF” kata Hasnah Syam yang juga Anggota Komisi IX DPR RI ini.

“ODF ini bukan yang terakhir menjadi tugas kita tapi (tugas terberat) adalah mempertahankan ODF ini” imbuhnya.

Bupati Barru H.Suardi Saleh dalam sambutannya, mengapresiasi tekad pemerintah Kecamatan dan Puskesmas Palakka dan Padongko serta Kapolsek, Danramil, Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Barru, BAZNAS, Karang Taruna, Kader dan Relawan yang telah berpartisipasi membantu Kecamatan Barru meraih ODF.

“Kecamatan Barru dilihat dari kondisinya letak nya nampak begitu sangat sulit karena berada diwilayah pegunungan, perkotaan dan pesisir tapi semangatnya akhirnya ODF bisa diraih” sebut Bupati Barru.

“Sebagai wujud tercapainya ODF adalah peningkatan derajat kesehatan menjadi tujuan utama dari deklarasi ini dan pernyataan janji harus dijaga” harap Mantan Kadis PU Pinrang.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Bappeda Barru Umar Sinampe SKM, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barru dr Amis Rifai, Kepala KUA Lurah se Kecamatan Barru, Puskesmas Palakka dan Padongko, Kapolsek dan Danramil Barru, Baznas Barru, Babinsa dan Babinkamtibmas, Karang Taruna dan Organisasi Pemuda, tokoh masyarakat Se-Kecamatan Barru, serta Forum Kabupaten/Kota.

(Asr/Humas Barru)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *