Saturday, 31 October 2020
41 views

Edukasi Tangani Kesehatan, Sekda Abustan Sebut Perhatikan Upaya Promosi Kesehatan

 

Barru-Detektifonline.com, Pemda Barru akhir tahun ini kembali gelar rapat evaluasi atas layanan yang diberikan ke masyarakat. Setelah kemarin menghimpun data evaluasi atas delapan area Reformasi Birokrasi, Pagi tadi Sekretaris Daerah Barru Dr Abustan bersama Kepala BPJS Kesehatan Parepare Aras gelar pertemuan.

Pertemuan yang menghimpun segenap stakeholder atau pemangku kepentingan atas layanan kesehatan di Barru ini, diadakan di Ruang Data Sekretariat Daerah Barru, Rabu (16/9/2020).

Dari beberapa agenda yang didiskusikan, antara lain kepesertaan, fasilitas kesehatan, petunjuk teknis claim Covid-19, dan dukungan yang diharapkan. Terdapat beberapa pencermatan yang diharapkan mampu mengup grade layanan dasar ini.

Sekda Barru Abustan sendiri menyampaikan beberapa catatan setelah mendengarkan paparan langsung pihak BPJS Kesehatan.

“Epilepsi dan diabetes menjadi yang paling tinggi berdasarkan data, karena itu kita butuh promkes (Promosi Kesehatan) yang benar-benar bisa mengedukasi hal ini selain fasilitas layanan yang ditingkatkan” sebut Abustan setelah melihat komposisi sepuluh penyakit yang paling banyak dilayani oleh klaim BPJS Kesehatan di Barru.

Untungnya, selalu hal ini jadi prioritas upaya Pemda untuk memperbaiki urusan yang paling dibutuhkan Masyarakat selain urusan pendidikan ini.

“Di Barru kita masih kekurangan dokter untuk rasio 1:500, namun perlu diketahui bahwa setiap tahun kita juga membuka formasi dan menerima dokter PNS. Khusus untuk yang sudah kita SK kan bulan lalu, ada sekira tujuh dokter semoga sudah terkonfirmasi di data” sebut mantan Kadis Pendidikan Barru ini menambahkan.

Beliau juga berharap agar dari sepuluh jenis penyakit yang dirilis ini, terdapat pelayanan non medis dan bersifat preventif atau edukatif seperti penyuluhan atau kegiatan olah raga sebagai pendekatan lainnya. Hal inilah yang jadikan Pemda Barru melalui edaran yang ditandatangani langsung oleh Bupati Barru Suardi Saleh untuk galakkan Olahraga Senam setiap Jumat Pagi di semua instansi.

“Terima kasih telah menyampaikan hasil evaluasi pelayanan yang ada di Barru” ujar Abustan pada Kepala BPJS Kesehatan Parepare Aras yang telah menyampaikan kebutuhan bahan dan informasi secara runut dan lengkap untuk langkah selanjutnya.

Kepala BPJS Kesehatan Parepare, Aras sendiri terlihat optimis dengan layanan yang telah dimodernisasi mengikuti perkembangan teknologi. Salah satunya dengan Antrian Online, dimana peserta BPJS kesehatan bisa daftar dan antri dari rumah.

“Saat ini ada dua Puskesmas, Mangkoso dan Bojo Baru adalah FKTP yang sudah instal antrian Online, nantinya antrian Online ini akan terkoneksi dengan RSUD Barru” sebutnya sembari menunjukkan slide powerpoint nya.

BPJS Kesehatan terus tingkatkan media dan ragam program untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam layanan kesehatan. Diantaranya adalah membangun banyak Chanel yang disiapkan untuk pelayanan data, misalnya mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center di 1500400, untuk Edabu bisa melalui Edabu Badan Usaha, bisa KP Desa, Jamkesda, Edapen, dan Pandawa.

Beberapa Stakeholder yang hadir khususnya pihak RSUD dan Dinkes termasuk BPKAD, bahkan Ketua Komisi III DPRD Barru, Syamsuddin Muhiddin turut menyimak paparan Data layanan BPJS Kesehatan di Kabupaten Barru.

(Asr/Humas Barru)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *