Thursday, 22 October 2020
1 views

Kades Toccina Keluhkan Alokasi Dana Desa Bupati Bone Tak Kunjung Memperjuangkanya

 

Bone- Seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan mengeluhkan Alokasi Dana Desa, tak kunjung di perjuankan Bupati Bone.

Kepala Desa Tocina Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Ilhan, SE yang belum lama ini di temui di rumah kediamannya mengungkapkan, sejumlah 27 Kecamatan mengeluhkan Anggaran Alokasi Dana Dana Desa (ADD) untuk Tahun Anggaran 2020.

Lanjut Ilham mengunkapkan kepada wartawan tabloiddetektif.com sangat perihatin jika Bupati Bone tidak kunjung memperjuangkan Alokasi Dana Desa, yang mana Kepala Desa Se-Kabupaten Bone yang telah mendatangi Kantor DPRD pada hari senin 25 November 2019. Kedatangan kepala desa di kantor DPRD Bone dalam menyampaikan aspirasinya di Pimpin langsung oleh Ketua Asosiasi Perangkat Desa (APDESI) Andi Mappakaya Amir.

Dalam aspirasinya para Kepala Desa meminta adanya tambahan anggaran yang bersumber dari APBD untuk menggaji perangkat Desa nya setara dengan ASN golongan IIa tahun 2020.

Pasalnya aturan yang termuat dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teekhnis Pemerintah Desa tersebut dinilai sangat memberatkan bagi para Kepala Desa di Kabupaten Bone. Karna pos anggaran yang terplot dalam Alokasi Dana Desa (ADD) jauh dari cukup. Lanjut Ilham menambahkan minimnya ADD ini kata dia membuat Kades Kebingungan memenuhi kebutuhan di Desa. Sebab, sesuai aturan, ADD sebesar 40 persen dipakai untuk penghasilan tetap kades, perangkat desa, RT/RW dan lainnya.

Pihaknya mendesak, DPRD bisa memperjuangkan dana ADD dinaikkan maksimal sesuai UU. Sehingga, kinerja dan pembangunan Desa bisa optimal. Menurutnya, para Kades juga memikirkan nasib para Perangkat Desa. Ungkap Ilham. (samsiar).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *