Saturday, 16 January 2021
30 views

Kasus Positif Covid-19 Terus Bertambah di Barru

 

DETEKTIFONLINE.COM, BARRU SULSEL – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 masih terus bertambah, tak terkecuali di kabupaten Barru. Hari ini, Rabu 6/1/2020 dilaporkan sebanyak 38 orang yang terkonfirmasi positif. Sehingga kasus aktif positif Covid-19 berjumlah 172 orang.

Dari 172 orang yang terkonfirmasi positif, 5 diantaranya adalah tenaga kesehatan yang sehari-hari bertugas di Puskesmas Padongko Kecamatan Barru sehingga Puskesmas (PKM) Padongko ditutup selama tiga hari untuk dilakukan sterilisasi memutus mata rantai penyebaran. Sebelum PKM Padongko, juga telah ditutup PKM Palakka, PKM Pekkae, PKM Lisu dan PKM Ralla.

Kepala Dinas Kesehatan Barru yang juga adalah juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, dr Amis Rifai menjelaskan, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang masih terus bertambah tiap hari, mengakibatkan sedikitnya sudah ada 5 PKM yang ditutup sementara akibat tenaga kesehatan di PKM tersebut banyak yang terpapar Covid-19.

Terkait banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar Virus Corona, mantan Dirut RSUD Barru tersebut mengatakan ini adalah sebuah realita dimana sangat kecil kemungkinan para tenaga kesehatan terhindar. Pasalnya kata dia suka atau tidak suka, senang atau tidak senang mereka berhadapan langsung dengan pasien yang kemungkinan besar membawa virus.

“Sekuat apapun daya tahan tubuh bila loading virusnya besar, cepat atau lambat pasti akan menggejala juga,” katanya.

Baca Juga: Berita Gembira, Isteri Bupati Barru Hasnah Syam Sembuh dari Covid-19

Oleh karenanya lebih lanjut dikatakan, untuk menekan laju penyebaran diperlukan kesadaran yang tinggi untuk secara sadar mematuhi protokol kesehatan 3M. Sebenarnya Protokol kesehatan memakai masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak bukanlah sesuatu yang sulit namun butuh kesadaran tinggi untuk melaksanakannya.

“Sayangi diri sendiri, orang lain dan keluarga dengan selalu melaksanakan protokol kesehatan, menggunakan masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak,” harap dia.

Sebarkan:

Print Friendly, PDF & Email
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *