Saturday, 31 October 2020
20 views

Kecamatan Tanete Riaja Deklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan

 

BARRU-Detektifonline.com,Semua Desa dan Kelurahan Se-Kecamatan Tanete Riaja kini bebas dari buang air sembarangan, dan mendeklarasikan diri di Tanete Riaja menjadi daerah Open Defecation Free (ODF), Kegiatan deklarasi dengan suasana sesuai standar Protokol Kesehatan Covid-19 di gelar, Senin (6/7/2020).

Kepala Puskesmas Ralla Saparuddin membeberian sejumlah kendala yang dihadapi terutama dalam hal penyadaran melalui edukasi secara massif dengan melibatkan kerjasama setiap komponen pemerintah wilayah dan masyarakat.

“ODF atau Stop BAB Sembarangan merupakan kondisi dimana masyarakat begitu sangat tidak mudah untuk diberi pemahaman, tapi akhirnya semua desa dan kelurahan Se-Kecamatan Tanete Riaja bisa meraih ODF,” ujarnya dihadapan Bupati Barru Suardi Saleh dan rombongan Tim Kabupaten Kota Sehat.

Senada, Camat Tanete Riaja Muzakkir Aliyah juga mengucap syukur atas kerjasama masyarakat Tanete Riaja.

“Bersyukur ODF desa dan kelurahan di Kecamatan Tanete Riaja telah dicapai berkat kerjasama semua pihak,” katanya.

“Prinsipnya, Idi to Berru’e selalu memegang teguh Asiddi Siddingeng dalam hal yang baik, dalam rangka mewujudkan komitmen untuk menjaga Kecamatan Tanete Riaja agar masyarakatnya tetap sehat, hari ini dibuktikan, dan ini semua tak lepas dan sesuai petunjuk Bapak Bupati Barru” ujar Musakir Aliyah menambahkan.

Bupati Barru mengapresiasi apa yang dicapai desa dan kelurahan se-Kecamatan Tanete Riaja, dan menjadi kecamatan nomor dua di Kabupaten Barru sebagai Kecamatan ODF.

“Semoga itu dapat dipertahankan, setelah kita deklarasi dan telah diucapkan janji, berarti janji itu tentunya harus diwujudkan dalam sebuah komitmen, minimal harus dipertahankan,” harap Suardi Saleh dihadapan segenap peserta Deklarasi Kecamatan ODF di Ralla Tanete Riaja.

Bupati Barru Suardi Saleh yang hadir bersama Kadis Kesehatan Barru dr. Amis Rifai, Kepala Bappeda Barru Umar, Pokja KKS mendengarkan langsung Deklarasi ODF yang dipimpin Camat Tanete Riaja bersama segenap unsur Muspika Kecamatan Tanete Riaja, Kepala Desa/Lurah Se-Kecamatan Tanete Riaja beserta segenap elemen masyarakat yang hadir. (Asr)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *