Thursday, 22 October 2020
18 views

Ketua Tim MTQ Pramuka Barru, Sabirin Ucapkan Syukur atas Prestasi Pramuka Barru

 

BARRU-Detektifonline.com, Baru sebulan sejak dilantiknya Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Barru, telah mampu mengukir prestasi yang menegaskan Daerah sebagai Kota Santri. Prestasi Pramuka Barru yang saat ini diketuai oleh Bupati Barru Suardi Saleh adalah menjadi Finalis semua cabang yang diperlombakan.

Apalagi, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) antas Pramuka Kabupaten/Kota ini merupakan yang pertama se Sulawesi Selatan yang mengangkat tema Mewujudkan Generasi Pramuka Cinta Al Quran ini diikuti oleh 66 peserta, yang terbagi dalam dua tingkat perlombaan, yaitu tingkat Siaga – Penggalang dan Penegak -Pandega.

Kwarcab Pramuka Kabupaten Barru yang dilakukan secara virtual dengan dukungan teknologi informasi oleh Diskominsta Barru ini, dilaksanakan pada ruang Barru Smart Information Center (Basic). Pimpinan delegasi MTQ Barru yang juga Sekretaris Umum Kwarcab Pramuka Barru, Sabirin menyampaikan rasa syukurnya sebab anak Pramuka Barru mampu melewati semua seleksi hingga ke tahap final di semua cabang yang dilombakan.

“Alhamdulillah, Pramuka Barru masuk final, tingkat siaga dan penegak, Semuanya masuk final” ungkap Sabirin selaku Ketua Tim Kwarcab yang juga Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Barru ini.

Tokoh Barru yang memang sangat peduli terhadap perkembangan dan kemajuan Pramuka ini, mengungkapkan bahwa hampir saja Barru menjadi Juara Umum di MTQ Pramuka I Tingkat Provinsi Sulsel ini.

“Untuk tingkat siaga penggalang, anak siaga putra dan putri mendapat Juara II sedangkan di tingkat penegak putra, kita mendapatkan Juara I atau medali emas” serunya bahagia dengan hasil yang diperoleh ini.

Berikut data pemenang lomba

Juara 1 (Emas) Penegak-Pandega Putra atas nama Abil Akram B

Juara 2 (Perak) Siaga-Penggalang Putra atas nama Muh. Afdzalurrahman

Juara 2 (Perak) Siaga-Penggalang Putri atas nama Misfalah Yusuf

Menariknya, sebab Peraih Juara II di tingkat Siaga-Penggalang adalah anak dari dua Pegawai Pemda Barru. Ayah Muh. Afdzalurrahman adalah Faisal Hasman, yang saat ini merupakan Pegawai di Dinas Penanaman Modal, PTSP, dan Tenaga Kerja Barru. Sedangkan, Peraih Perak Putri Misfalah adalah anak dari Yusuf Al Bahtimi, yang memang dikenal sebagai Pegawai Pemda Barru yang Agamis dan Hafidz.

“Alhamdulillah, Anak kami bisa mewakili Pramuka Barru dalam Tilawah Penggalang Putra, Dia masih kelas Enam di Sekolah Dasar Negeri 1 Pekkae” jawab Faisal Hasman turut bahagia atas prestasi Putranya mewakili Kwarcab Pramuka Barru.

Faisal menambahkan bahwa Putra kandungnya selama ini mengaji di tempat kakeknya dan berharap setelah lulus SD akan menyekolahkan Putranya ke Pesantren untuk memperdalam ilmu agama khususnya pendalaman Al Qur’an. Afdzalurrahman sendiri menjadikan ini sebagai prestasi keduanya di ajang level provinsi, sebelumnya ia pernah mengikuti dan menjuarai lomba Pidato Bahasa Arab tingkat provinsi saat masih tingkat Diniyah.

Perhelatan MTQ I Pramuka tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020 ini telah ditutup sore tadi. Gelaran yang pekan lalu dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Sulawesi Selatan H. Anwar Abubakar merupakan MTQ Pramuka Pertama di Indonesia dan akan menjadi rujukan seluruh Kwartir Daerah dan Nasional.

“Karena cinta pada Alquranlah yang menjadikan kita lebih bersemangat melaksanakan MTQ ini. Selain menjadi pembinaan generasi qurani, kita juga berharap MTQ ini bisa menjadi rujukan MTQ pada umumnya”, ujar Anwar Abubakar pekan lalu.

Hal ini sesuai hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari yang bermakna sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya.

(Asr/Humas Barru)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *