Saturday, 31 October 2020
64 views

Komandan Korem 141 Toddopuli Pilih Barru Sebagai Pusat Pelatihan

 

BARRU, Detektifonline.com,Gelar Latihan Apel Kesiapan Latihan Posko I Kodim 1405/Mallusetasi dalam rangka bantuan pengamanan Pilkada dibuka oleh Jenderal Bintang Satu TNI, Komandan Korem 141 Toddopuli, Brigjen TNI Djashar Djamil, SE , MM. Pada Selasa (9/6/2020)

Kehadiran Danrem disambut Bupati Barru Suardi Saleh bersama unsur forkopimda diantaranya Ketua DPRD Barru Lukman T, Dandim 1405 Mallusetasi Ali Syahputra Siregar, Kapolres Barru Willy Abdillah, dan Kepala Kejaksaan Negeri Barru Ardi Suryanto di Gedung Bappeda Barru yang telah disulap menyerupai Posko Induk Komando Militer.

Dihadiri Kasrem 141/Toddopuli, para Dandim Jajaran Korem 141/Toddopuli, para penilai dan pengendali, penyelenggara dan peserta Latihan Posko yang mengambil andil dalam kegiatan ini turut hadir dalam rangka mempersiapkan soft skill menyambut ditetapkannya Pilkada Serentak di 9 Desember 2020 nanti.

Kegiatan latihan ini, dilaksanakan selama tiga hari dan beberapa pejabat lingkungan TNI yang hadir terlihat antusias dan bersemangat mengikuti program latihan.

Dalam Amanat yang disampaikan oleh Danrem 141 Toddopuli, kepada jajarannya arti penting Pelatihan ini bagi untuk tugas operasi yang akan dihadapi.

“Latihan posko I merupakan salah satu metode taktis dengan tujuan melatih unsur komandan dan staf dalam teknik, prosedur, dan tata Kerja yang berlaku dalam satu satuan untuk merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan serta mengendalikan suatu operasi di satuannya”.

“Latihan ini sangat strategis yang diemban Kodim 1405/Mallusetasi yang membawahi dua wilayah yang secara fungsional bertanggung jawab menjamin terpeliharanya situasi yang kondusif bagi Penyelenggara pertahanan negara maupun kepentingan pembangunan nasional di daerah” ujar Jenderal Bintang Satu TNI ini.

Komandan Korem yang berkantor di Bone ini adalah Putra asal Sulawesi Selatan dari Enrekang, dengan tegas ia sampaikan bahwa “Bagi kegiatan pertahanan negara maupun kepentingan nasional daerah dalam menciptakan ruang, alat, dan kondisi yang tangguh”

“Tiga tujuan latihan ini, pertama memahami dan mampu melaksanakan hubungan kerja komandan dan staf dalam perencanaan operasi yang diaplikasikan pada konflik komunal, kedua memahami dan mampu melaksanakan komando dan pengendalian operasio, dan ketiga yakni memahami dan mampu melaksanakan Pengambilan keputusan komandan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan-persoalan taktis penanganan konflik komunal bersama rekan kepolisian setempat dan Pemda” ulasnya lebih jauh.

“Saya tekankan agar seluruh Dandim jajaran Danrem 141 dapat membantu penanganan tugas pemerintah daerah, kuncinya adalah melakukan sinergitas dan Kordinasi terpadu antar aparat semakin kuat sinergitas maka akan semakin efektif” tutup nya.

Bupati Barru yang hadir dan diberikan kesempatan menyampaikan sambutannya terlihat lebih dekat dengan jajaran Korem 141 Toddopuli di kedatangan kedua Brigjend TNI ini setelah dilantik sekira dua bulan lalu.

“Saya terlebih dahulu menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri” buka Suardi Saleh lalu memaparkan mengenai kondisi Pandemic Covid-19 serta upaya penanganan dan kebijakan pemerintah pusat atas penyelenggaraan Pilkada 2020.

“InsyaAllah tahun ini, suasana Pilkada sangat berbeda, Pilkada ini dipersiapkan dengan kondisi Pandemic”

“Banyak masukan, kalau Pilkada diundur ke 2021 maka tidak bisa dijamin akan membaik karena para ahli menyampaikan bahwa sebelum ada vaksin maka sulit diperkirakan kapan ini selesai sehingga pilihannya adalah pilkada dengan suasana New Normal” tambah Bupati Barru.

Beliau juga menjelaskan kemungkinan yang akan dilakukan sebagai bagian protokol kesehatan di pilkada menjelang
“Artinya, Pilkada ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan, Misalnya, bukan lagi jari kita yang dimasukkan ke botol tinta tapi jari kita ditetesi, Demikian juga alat coblos diupayakan satu kali pakai, misalnya dengan menggunakan alat tusuk seperti tusuk sate yang setelah itu dapat langsung dibuang”

Bupati Barru juga bertegur sapa pada sambutannya ke beberapa Dandim yang Beliau kenal sekaligus menyampaikan informasi pernah bekerja dan berperan ke Dandim Maros dan Dandim Pinrang yang hadir.

(Asr/Humas Diskominsta Barru)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *