Friday, 23 October 2020
34 views

Pelayanan Posyandu Diaktifkan Kembali

 

BARRU, DETEKTIFONLINE.COM – Pos Pelayanan Keluarga Berencana-Kesehatan Terpadu (Posyandu) yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19, akan disesuaikan kembali saat kebijakan new normal berlaku.

Ketua TP PKK Desa Cilellang menjelaskan, pelayanan posyandu dianggap penting untuk membentuk generasi unggul. Menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh berhenti, posyandu sangat berpengaruh terhadap kesehatan keluarga, terutama mencegah kekurangan gizi maupun stunting.

Tidak hanya untuk ibu dan anak, posyandu juga menjadi basis pelayanan kesehatan bagi lansia. “Dalam konteks keluarga, ada remaja juga di situ. Ini menjadi basis pelayanan,” jelas Hj. Suriati Kamis (2/7).

Nantinya, pelayanan akan menerapkan beberapa tahapan setiap hari. Biasanya dalam kegiatan akan melibatkan 100 orang, akan dikurangi menjadi 20-30 orang. Hal ini dilakukan untuk memecah kerumunan dan menghindari persebaran virus korona.


Selain itu, saat kebijakan new normal telah berlaku, kegiatan posyandu juga akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seperti mewajibkan memakai masker, dan berlaku kepada bayi yang datang ke posyandu. Hal ini dilakukan agar adanya posyandu tidak menjadikan klaster baru dari Covid-19.

Meskipun di masa tanggap darurat Covid-19, tambah Hj. Suriati, masih ada beberapa kader posyandu yang tetap memberikan pelayanan dengan cara datang ke rumah-rumah. Pemberian makanan tambahan (PMT) tetap dilakukan untuk mencegah kekurangan gizi maupun stunting. Seperti halnya di empat Dusun yang tetap datang ke rumah warga untuk memberikan edukasi dan PMT. “Memang tidak mengumpulkan massa. Dan itu luar biasa, masyarakat tetap kreatif memikirkan lingkungannya,” ungkapnya. ( Tj /Asr )

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *