Sunday, 01 November 2020
1 views

Pemeriksaan Berlapis, Barru Kini sudah Fungsikan Tiga Posko di Perbatasan

 

BARRU- Segala cara dilakukan Pemerintah Kabupaten Barru dan jajaran Forkopimda dalam mengantisipasi dan menangani penyebaran coronavirus disiase 2019 (Covid-19).

Kendati hingga saat ini, Barru termasuk daerah di Sulsel yang masih zona hijau atau belum ada warganya terjangkit virus Corona, namun pemerintah setempat justru semakin meningkatkan kewaspadaan.

Salah satu yang ditingkatkan, yakni memperketat akses masuk utama di tiga perbatasan di Barru. Masing-masing, di perbatasan Barru-Pangkep, Barru-Soppeng, dan Barru-Parepare.

Hingga saat ini, Pemkab Barru sudah resmi mengoperasikan tiga posko screening atau pemerikaaan di gerbang masuk ke Barru. Seperti yang terbaru, yakni di perbatasan Barru-Soppeng yang mulai difungsikan sejak Minggu (19/04/2020).

Bupati Barru Suardi Saleh saat memberi pengarahan di apel siaga pembukaan posko di perbatasan Soppeng, menuturkan, pihaknya bersama sejumlah elemen warga terus berusaha melindungi Barru dari penyebaran Corona.

“Segala upaya tentu harus terus dilakukan dalam rangka mempertahankan Barru sebagai zona hijau,” terang Suardi Saleh di depan peserta apel yang terdiri dari Satpol PP, Damkar, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Tim Gugus Tugas, serta dibantu oleh personil gabungan dari TNI/Polri.

Suardi Saleh yang didampingi Wakil Bupati Nasruddin AM, Plh Sekda Barru Abustan, dan sejumlah tim gugus tugas, menjelaskan mengenai tujuan dibukanya tiga posko pemeriksaan di Barru. Menurutnya, langkah ini demi mengurangi potensi penyebaran.

Sebab jika tak ada pemeriksaan atau tidak memperketat di perbatasan, maka sangat memungkinkan wabah itu masuk di Barru. Karenanya, setiap pengendara, baik yang melintas maupun tujuan Barru wajib diperiksa. Terutama yang tujuan Barru, data-datanya mesti ditahu demi memudahkan petugas kesehatan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Termasuk tim gugus dan aparat desa bisa memantau dan mengawasi untuk dilakukan karantina mandiri.

Tak lupa, Suardi Saleh menyampaikan terima kasih kepada para petugas atau tim gabungan pemeriksaan di posko. Sambil memberi pengarahan, eks Kepala Bappeda Pinrang dan eks Kadis PU Maros itu juga menyemangatinya.

“Terima kasih kepada semua yang bertugas. Semoga mekanisme yang diatur oleh tim gugus tugas bisa dijalankan dengan baik. Dan mudah-mudahan upaya ini bisa menghambat penyebaran Covid-19,” harapnya.

Berdasarkan pantauan, selain melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan mendata setiap pengendara, tim gabungan juga mengedukasi pengendara. Seperti memakai masker dan menjaga selama berkendara.

Di samping itu, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Barru, terus melakukan evaluasi dan bakal membuat sistem standar operasional prosedur untuk kemudian diterapkan pada setiap pelintas, pengunjung, maupun warga Barru yang beraktivitas rutin di luar wilayah Barru.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *