Friday, 23 October 2020
2 views

Pemkab Barru Optimis Pertahankan Piala Adipura

 

BARRU DETEKTIF – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru tahun ini siap mempertahankan piala Adipura.

Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barru, Titus MB mengatakan, persiapan menghadapi penilaian sudah dilakukan dengan melibatkan sejumlah pihak. Penilaian penghargaan Adipura 2019 akan dinilai oleh tim Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan pusat. “Tim penilai hari ini sudah datang, mereka mendatangi beberapa objek yang menjadi penilaian, “ungkap Titus Jumat, 13 Desember.

Mantan Kepala Puskesmas Padongko ini menjelaskan bahwa penekanan penilaian Adipura 2019 kali ini lebih fokus pada pengolahan masalah sampah. DLH Kabupaten Barru sudah mempersiapkan segala hal dalam menghadapi penilaian tersebut.

Lanjut Titus, penilaian adipura tahun ini tidak hanya menangani masalah sampah saja, namun juga berkaitan dengan pengolahannya.
“Dengan demikian sampah yang ada juga bisa diolah dan dapat bermanfaat bagi masyarakat,”ungkapnya.

Menurutnya, sampah yang dihasilkan masyarakat selama ini hanya sering dibuang begitu saja.

Untuk itu DLH Barru menekankan agar supaya sampah dapat diolah, seperti menjadi pupuk atau benda dengan nilai jual tinggi.

“Di Kabupaten Barru sudah menerapkan pengolahan sampah dan termanfaatkan. Mudah-mudahan hasil penilaian baik dan Kabupaten Barru bisa meraih kembali Adipura ke 2 berturut-turut,” ujarnya.

Adapun lokasi penilaian Adipura 2019 sudah disiapkan DLH Barru di sejumlah titik. Seperti di kota Barru, TPA, dan juga beberapa bank sampah.

“Kami berusaha secara maksimal mempertahankan Adipura, tindakan yg kami lakukan adalah kerjasama lintas sektor dan sampai hari ini kami terus saja berbenah,” katanya. (MD)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *