Wednesday, 21 October 2020
43 views

Plt Inspektur Abdul Rahim, Terima Tamu Daerah Sekaligus Lepas Kangen

 

BARRU-Detektifonline.com, Ibarat ‘gula’, citra Barru sebagai Daerah yang berkembang pesat terus didatangi ‘Semut’ yang ingin mendapatkan informasi. Termasuk layanan sistem pengaduan di era teknologi informasi yang secara regional Sulsel, diperhitungkan sebagai yang paling baik manajemen komunikasi dan penyelesaian pengaduannya.

Sistem layanan dimaksud adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Per hari ini, sudah ada 69 Laporan masyarakat yang masuk dan telah ditindaklanjuti. Hal ini, memantik rasa ingin tahu Pemerintah Kabupaten Enrekang yang mengutus Dinas Kominfo Enrekang, Bagian Organisasi Setda Enrekang, dan Inspektorat nya Study kerja ke Barru, Siang tadi, Kamis (1/10/2020).

“Selamat datang dan berkunjung ke Barru, saya bersemangat mendengar kedatangan Study Banding Enrekang, karena saya juga dari sana (Enrekang), bahkan seringkali kesana mengunjungi kerabat dan kampung halaman” buka Abdul Rahim mencairkan suasana, Inspektur yang sebelumnya pernah menjadi Kadis Kominsta ini, dengan lugas mengungkapkan seluk beluk pengelolaan SP4N Lapor di Barru.

Kabupaten Barru sendiri sampai akhir September Tahun 2020 ini, telah menerima sekira Enam puluh sembilan aduan yang kemudian dikelola dan terselesaikan. Delapan aduan tersisa masih sementara proses untuk penyelesaian, namun seratus persen laporan masuk telah ditindaklanjuti.

Sesuai dengan semangat memaknai ‘Al Barru’ maka partisipasi publik yang bertujuan baik, Alhamdulillah juga dilakukan dengan cara yang baik.

“Jadi, kami memiliki sistem SP4N Lapor yang dikelola secara sinergis oleh dua admin utama di Inspektorat dan di Diskominsta, dimana setiap laporan diteruskan ke Admin Penghubung di masing-masing instansi, Alhamdulillah, kita pantau perkembangan setiap laporan masuk untuk memenuhi layanan informasi sesuai harapan masyarakat Barru” tambah Asisten Perekonomian dan Pembangunan ini.

Sistem yang disingkat SP4N LAPOR ini adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yang berbasis pada website www.lapor.go.id,.

Kunjungan yang diterima oleh Plt. Inspektur Daerah Barru Abdul Rahim ini, dilakukan di ruang yang representatif. Ruang Barru Smart Information Center (Basic) yang digagas oleh Bupati Barru Suardi Saleh di tahun 2018 dan diresmikan saat Hari Jadi Barru, mampu mengundang decak kagum.

Walhasil, transformasi pun berjalan bukan hanya dalam melakukan tata kelola Sp4n Lapor, namun juga membicarakan sedikit terkait Ruang Basic. Ruang yang sangat modern dengan peralatan teknologi mutakhir ini, memang tidak semua Daerah di Sulsel bahkan di Indonesia yang memilikinya.

Kadis Kominfo Enrekang Hasbar, Kabag Organisasi Kadang Kandar, dan Admin Inspektorat Jamal beserta beberapa rombongan lainnya nampak puas dengan kesepenuhan hati Pemda Barru memberikan informasi. Apalagi, Admin Utama Inspektorat Marwan Shihab dan Admin Diskominsta Asri Asik, tidak segan-segan memberikan bantuan untuk memberikan bimbingan singkat teknik menangani Laporan masyarakat.

(Asr/Humas Barru)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *