Friday, 30 October 2020
11 views

Pulang Dari Mesir, Warga Positif Corona di Barru Bertambah Jadi Dua

 

BARRU,detektifonline.com – Kasus positif corona di Kabupaten Barru bertambah menjadi dua orang. Terbaru adalah seorang warga yang belum lama ini balik dari Mesir.

Bupati Barru Suardi Saleh, menyebutkan, warga yang terkonfirmasi positif corona, hasil pemeriksaan swab-nya sudah diterima dari Laboratorium Kesehatan Makassar, Rabu (13/05/2020).

“Tadi kita sudah terima hasil swab-nya, dan dinyatakan positif. Kami langsung berangkatkan ke Makassar untuk menjalani perawatan dan karantina lebih lanjut,” kata Suardi Saleh melaporkan perkembangan penanganan Corona di Barru, saat menerima kunjungan Komandan Korem 141/Toddopuli Brigjen TNI Djashar Djamil.

Selain itu, Suardi Saleh juga mengumumkan langsung kasus terbaru ini di konferensi pers yang digelar di Posko dan Media Center Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Sebelumnya, satu warga yang positif Corona di Barru merupakan santri yang baru pulang dari Pesantren Al-Fatih di Jawa Timur. Anak itu juga sudah dibawa ke Makassar, sepekan lalu. Ia ditempatkan di salah satu hotel yang ditunjuk oleh Pemprov Sulsel dalam penanganan korban positif corona.

Berdasar penambahan positif corona, maka Barru sudah mencatatkan ada warganya terpapar atau terjangkit wabah yang sudah menulari sekira 14.000 orang di Indonesia selama tiga bulan terakhir.

“Jadi sudah ada dua yang positif corona. Pertama adalah kluster Al Fatih Timboro (Jawa Timur), dan yang kedua adalah kluster Mesir,” tambah Suardi Saleh.

Sekadar diketahui, dua orang yang dinyatakan positif merupakan warga yang baru tiba di Barru. Sebelumnya, mereka menjalani masa karantina mandiri dan pemeriksaan rapid test, lalu pemeriksaan swab.

Meski demikian, Tim Gugus Tugas Barru yang dikoordinir langsung Suardi Saleh, sudah melakukan berbagai langkah antisipasi. Seperti keluarga dua warga yang positif itu, diminta melakukan karantina mandiri, serta menjalani pemeriksaan rapid test.

“Khusus yang baru dinyatakan positif, kita kita lakukan tracking dan kita telusuri, siapa saja yang pernah kontak (apalagi bersentuhan fisik. Kita juga akan melalukan rapid test kepada keluarganya,” papar Suardi Saleh di posko dan media center Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Ia berharap, dua warga yang positif Corona bisa segera bebas dari wabah itu. Apalagi, kondisi kesehatannya sangat bugar, dan tidak ada gejala yang ditunjukkan jika terjangkit corona. (Asr)

(Humas Barru)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *