Friday, 30 October 2020
18 views

Sukses Komunitas Barru, Org Persembahkan BLF 2020 secara Virtual

 

BARRU-Detektifonline.com, Komunitas Barru.Org yang selama ini telah mempersembahkan Barru Local Festival dengan konsep acara yang digelar secara terbuka akhirnya harus mengalah dengan mengurangi kerumunan akibat Pandemic Covid-19. Digelarlah Barru Local Festival (BLF) 2020 secara virtual di tahun keempat Kegiatan ini.

Barru.Org adalah sebuah komunitas yang menjadi wadah menuangkan bentuk kecintaan anak muda Barru terhadap tanah lahirnya. Komunitas yang memiliki Tagline “Apalah Barru Tanpamu Kawan” ini memang konsen menghimpun karya lokal dari para penghobby menulis, design, foto maupun video tentang Barru.

Bahkan, di tahun ke-empat BLF, komunitas yang digawangi oleh enam sahabat yang berlatar belakang desain grafis, fotografi dan jurnalis yaitu Adriansa, Afandy, Asriadi, Aswan, Jamal dan Gayus ini, kini berkembang dengan banyak merekrut pemuda berbakat untuk bergabung bersama menyukseskan Barru Local Festival Virtual 2020.

Alhasil, saluran Live Streaming Facebook, YouTube dan Instagram menjadi strategi mereka mengangkat “tentang Barru” ke publik. Upaya anak-anak muda ini membuat jejak digital di beberapa saluran media komunikasi publik patut diacungi jempol.

Pasalnya, semua yang terlibat dalam festival ini akhirnya memiliki cara untuk mengkampanyekan produk, karya, atau semacamnya untuk semua pihak dengan cara membagi video atau foto di saluran media sosial Komunitas Barru.Org yang antara lain http:Barru.Org, Instagram @OrangBarru, Facebook Orang Barru, atau saluran YouTube Pitu Rupa Channel.

Gelaran kegiatan BLF Virtual 2020 yang bertajuk “Berkarya dari Rumah”, sukses disiarkan. Penonton secara live streaming saja telah mampu menyedot perhatian sekira 130 ribu penyimak selama gelaran kegiatan berlangsung sejak Kamis hingga Sabtu kemarin (20 – 23 Agustus 2020). 130 ribu penonton berarti setara dengan jumlah penduduk Kabupaten Barru saat ini.

Bupati Barru Suardi Saleh yang hadir di pembukaan acara dan menjadi keynote speaker di kegiatan ini menyebut jika kreatifitas anak muda Barru sudah tidak diragukan lagi, terbukti sekalipun dibatasi oleh Pandemi Covid 19, BLF tetap hadir menghibur dan menginspirasi warga Barru.

“Ini yang kami salut di komunitas Barru.org sebagai penyelenggara karena mereka tetap mampu berkarya ditengah pandemi apalagi BLF ini memang merupakan event tahunan untuk komunitas dan brand lokal,” kata Suardi Saleh yang sejak awal terus mengikuti perkembangan komunitas ini dan turut mensupport melalui perangkat daerah yang membidangi pariwisata.

Bupati Barru menilai, apa yang dilakukan anak-anak muda Barru ini sebagai motivasi kita semua jika Barru memang punya banyak bakat dan talenta yang luar biasa termasuk brand lokal dan karya anak Daerah.

“Saya tidak habis pikir akan seperti ini konsep BLF tahun ini, sangat luar biasa. Selain membantu para pemilik brand lokal untuk tetap aktif, juga menginisiasi para komunitas yang selama ini aktif dalam kegiatan sosial di tengah pandemi untuk terlibat dalam kegiatan ini sehingga sama-sama menginspirasi, yang pasti kami selaku pemerintah Kabupaten Barru terus mendukung apa yang menjadi kegiatan dan kreatifitas para anak muda di Kabupaten Barru,” ujarnya salut dengan sinergitas Barru.Org dengan Komunitas kreatif seperti Genpi, Pitu Rupa dan Waju Berru serta beberapa media partner lainnya.

Event Barru Local Fest (BLF) ditahun 2020 ini memang telah memasuki tahun ke-Empat penyelenggaraannya.

“BLF tahun ini tetap kita selenggarakan, hanya saja tidak seperti biasanya karena pandemi covid 19. Tapi kehadiran komunitas dan brand lokal tetap menjadi identitas di BLF ini” urai Humas BLF Virtual 2020, Asriadi Rijal, dalam rilisnya.

Ia mengurai, sekalipun digelar secara virtual antusias para komunitas dan brand lokal di Kabupaten Barru cukup besar.

Asriadi Rijal yang juga Ketua Karang Taruna Kecamatan Barru ini menyampaikan bahwa kegiatan talkshow, lomba antar komunitas diantaranya ada lomba video profil komunitas dan lomba karaoke serta mempromosikan brand lokal dengan sesi promosi dan pemotretan produk sebagai dukungan pada para pelaku UMKM Barru.

“Kami tentu berharap para anak muda di Komunitas dan brandlokal tetap selalu berkarya dan menjadi sentra pertumbuhan kemajuan kreatifitas di tanah lahir ini. Karena tak ada yang bisa melakukan itu selain para anak muda Barru sendiri untuk terus memajukan daerahnya. Sekalipun ditengah pandemi covid 19” papar Humas BLF 2020 yang juga seorang Jurnalis dari salah satu media online Regional Sulsel.

Kita tunggu lagi karya dan kegiatan unik, inspiratif dan informatif dari Komunitas Barru.Org, sebab “Apalah Barru Tanpamu Kawan”.

(Asr/Humas Barru)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *