Saturday, 31 October 2020
1 views

Mantapkan Jurnalis Sekolah,Media Detektif Kabupaten Wajo Beri Pelatihan

WAJO,TABLOIDDETEKTIF.COM/Tim Media Detektif pada hari ke dua Pelatihan Jurnalistik di Sengkang Kabupaten Wajo mengatakan “Tolong kepada adik-adik jangan sekadar ikutan, tapi dikembangkan dan jangan takut salah,” pesan beliau kepada jurnalis sekolah yang akan menerima pelatihan dari Media Detektif.

Salah satu tim Media Detektif yang merankap ketua panitia Ambo Tang Masse, juga memberi pesan kepada jurnalis sekolah. Bahwa, beribacara lisan itu lebih mudah daripada menulis. Kalau menulis baik, berbicara lisan pun pasti sudah tentu baik dan tertata.ketua Tim panitia pelatihan Jurnalistik Ambo Tang Masse akan memberikan Hadia bilah satu tahun kedepan, di rangkin penulis Sekolah yang rangkin satu dua dan tiga akan di Berikan Hadia di Sengkang Kabupaten Wajo ini punkasnya.

Semua yang ada dalam satu ruangan itu pun antusias dengan hari kedua pelatihan jurnalis ini. Rencananya, pelatihan yang dilatih oleh Tim Media Detektif ini harus membuahkan sebuah Penulis sekolah nantinya. Maka dari itu, semuanya menyimak dengan seksama. Tidak terlalu serius, tetapi juga tidak terlalu terleha-leha.

Hari kedua ini, pemateri Tim Media Detektif mengatakan materi itu singkat saja, yaitu tentang 6 rukun iman yang harus ditaati oleh Jurnalis.

Yang pertama, ada ketokohan yang menyangkut tokoh terkenal. Seperti, pejabat, artis dsb. Kedua, proximity, berita itu kedekatan emosional dengan pembacanya.

Kemudian, lima rukun itu selanjutnya ada kejadian/berita yang pernah di Publikasikan atau jarang. Lalu, bermisi, tulisan yang ditulis sifatnya harus mempunyai unsur harus mendidik, menginspirasi atau memperbaiki. Yang terakhir, harus cantik, dalam artian mewakili kesukaan 2 gender.

Pertemuan kedu hari ini sangat singkat dan menyenangkan. Bahkan, sudah di bentuk group WA untuk mengirim rilis beritanya masin masin, yang dikelompokkan sesuai dengan bidang yang digelutinya masing-masing. Bidang itu diantaranya ada bidang menulis, fotografi dan desain.(dtf/tim)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *