Sunday, 01 November 2020
2 views

SMA Negeri 5 Sidrap Belajar Di Sekolah Hibrida Barru

BARRU,DETEKTIF,/-Setelah membuka Kelas Geologi Lingkungan sejak 24 Februari 2019 yang lalu, kini menerima 150 siswa dari SMAN 5 SIDRAP pada tanggal 1 Mei 2019 untuk mengikuti Kelas Geologi Lingkungan di Sekolah Hibridah Barru dalam Studi Observasi Lapangan yang terkait dengan materi Litosfer dan Pedosfer.

Kegiatan ini berlangsung hanya sehari dilakukan dengan model pembelajaran Dicovery Learning. Proses belajar dikemas dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan, siswa melakukan field trip dilokasi observasi dan mengamati langsung objek yang dipelajari sehingga siswa mendapatkan pengalaman langsung sehingga lebih mudah memahami materi.

Sebahagian besar peserta merasa senang belajar di alam, salah satu peserta mengatakan “Saya suka belajar di Sekolah Hibridah, meyenangkan dan tidak membosankan, semoga tahun depan kami bisa belajar di sekolah Hibridah kembali”ungkap salah satu siswa yang mengikuti KElas Geologi lingkungan di Sekolah Hibridah.

Kelas Alam yang di Gagas sekolah Hibridah memang menjadi senjata ampuh untuk membuang kejenuhan belajar di kelas. Siswa pun dapat melihat dan merasakan objek materi secara nyata. Sehingga kondisi inilah membuat siswa semangat dan tidak mudah melupakan materi yang telah didapat di sekolah Hibridah.

Lokasi Kelas yang cukup presentatif saat ini, untuk kegiatan Kelas Geologi Lingkungan yaitu di lokasi wisata Bujung Makkotawangge Desa Manuba dan Bujung Mattimboe Desa Nepo Kecamatan Mallusetasi, kedua lokasi tersebut berdekatan dan masing masing memiliki potensi untuk menjadi tempat wisata edukatif.

Tapi untuk Saat ini Kami fokus pada lokasi wisata Bujung Mattimboe di Desa Nepo, dalam rangka Mendukung gerakan pemuda Nepo “Nepo Adventure” untuk melakukan pengembangan lokasi bujung mattimboe sebagai tempat wisata.

Saat ini Sekolah Hibridah Membina 2 kelas Alam, yaitu kelas ekosistem pesisir di Hutan Mangrove Desa Bojo dan Kelas Geologi Lingkungan di Desa Nepo dan Desa manuba. Kedua kelas tersebut berlokasi di Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru.

Kami berharap Kegiatan Kelas Geologi Lingkungan Menjadi Program Andalan Sekolah Hibridah untuk meransang pengelolaan tempat wisata Kabupaten Barru selain sebagai tempat Rekreasi tetapi juga sebagai tempat belajar di Alam, karena salah satu Prinsip dari Sekolah Hibridah bahwa alam ini adalah kelas yang lebih Nyata untuk belajar mengembangkan Ilmu Pengetahuan.

 

Reporter: Muhammad Erwin

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *