Friday, 04 December 2020
17 views

KPU Pasangkayu Gelar Debat Kandidat Pasangan Calon( Paslon) Bupati Dan Wakil Bupati Pasangkayu

 

Pasangkayu -Debat antar Kandidat Pasangan Calon (Paslon) Pilkada Pasangkayu Tahun 2020 putaran pertama, KPU mengangkat tema “Membangun Kesejahteraan Sosial”, Rabu, 28 Oktober 2020.

Ketua KPU pasangkayu Syahran Ahmad pada saat menyampaikan kata sambutannya di depan para peserta bahwa, KPU menggelar debat para kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati ,di hadiri Kapolres Pasangkayu AKBP Leo H Siagian SIK ,kejari Pasangkayu Imam Makmur Saragih Sidabutar SH,MH, Dandim 1427 pasangkayu Letkol Inf Novyaldi SE, ketua bawaslu pasangkayu Ardi Trisandi

Sebelum menjawab pertanyaan dari Moderator Yundini Husni Djamaluddin, dosen di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), terlebih dahulu setiap Paslon dipersilahkan memaparkan visi dan misinya. Setiap Paslon diberikan waktu 150 detik.

Calon Bupati nomor urut 1, Drs H. Muhammad Saal menyampaikan, sebagai wakil Bupati dua periode, menjabat dari tahun 2010-2021, dan bertugas melakukan pengawasan di semua sektor pembangunan di Kabupaten Pasangkayu, Alhamdulillah pengawasan itu berjalan baik, ditandai dengan menerima WTP Lima kali berturut-turut.

Wakil bupati juga bertugas sebagai tim pemantau kemiskinan di daerah, hal itu juga sudah berjalan dengan baik, ditandai dengan berkurangnya angka kemiskinan,” terangnya.

” Indeks pembangunan manusia di Pasangkayu belakangan ini, Pasangkayu urutan kedua terbaik di Sulbar. Izinkan kami akan meneruskan pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini, yang baik akan kami teruskan, yang kurang maksimal kami akan maksimalkan,” ungkap Muhammad Saal, sebelum menyampaikan visi-misinya.

Saal mengatakan, Visi mereka adalah Pasangkayu Bersinar, dengan makna Mewujudkan Pasangkayu yang berdaya saing, Sejahtera, Amanah dan Religius.

Dengan Misi, mengembangkan kualitas SDM yang memiliki daya saing melalui peningkatan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang adil dan merata. Meningkat pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan berkualitas.

Meningkatkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor unggulan daerah. Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta intern umat beragama, kerukunan antar umat beragama dan kerukunan umat beragama dengan pemerintah. (Waktu habis pemaparan dipotong moderator).

Sementara Calon Wakil Bupati nomor urut 2, M.Yusri Nur ST,M,Si mengatakan,bahwa saya maju bersama calon Bupati Ir H. Abdullah Rasyid, MM dengan Visi Pasangkayu Manarang.

” Bahwa Manarang dalam konteks Sulbar adalah pintar atau cerdas, tetapi manarang menurut kami lebih dari itu,” tutur Yusri.

Dimaksud dengan Manarang adalah yang pertama itu Maju, yang kedua Amanah, yang ketiga Sejahtera dan yang keempat Agamis.

Lanjut Yusri, dalam konsep pembangunan ada tiga pertanyaan mendasar yang biasa didengar, pertama apa yang akan dibangun, yang kedua siapa yang bertanggung jawab dalam pembangunan dan yang ketiga untuk siapa pembangunan itu.

” Tiga konsep pembangunan itu, kami jawab dengan Pasangkayu Manarang. Tentu saja kita membangun di daerah ini dapat maju dan sejajar dengan daerah lain,” ungkap Yusri.

Lanjut Yusri, siapa yang bertanggungjawab dalam pembangunan, tentu saja penanggungjawab adalah Bupati dan wakil Bupati yang terpilih melalui Pemilu secara langsung. Pertanyaan terakhir, untuk siapa sebenarnya pembangunan itu ?, Di manapun bapak-ibu sekalian berada, sasaran akhir dari pembangunan pasti selalu berbicara tentang kesejahteraan rakyat.

” Yang terakhir dari visi kami adalah Agamis, karena kita manusia Indonesia yang berketuhanan, sesuai dengan Pancasila tentu saja kehidupan sosial masyarakat kita, harusnya berlandaskan nilai-nilai agama,” tutup Yusri.

Memanfaatkan waktu yang tersisa, calon Bupati nomor urut 2, Abdullah Rasyid menambahkan, bahwa apa yang dikatakan calon wakilnya itu adalah meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat kabupaten pasangkayu. Penajamannya adalah bagaimana kita berbuat yang terbaik.

” Setelah kami keliling, lebih dari 200 titik di Pasangkayu ini, maka lahirlah konsep Pasangkayu Manarang, dan akan kami aplikasikan di kegiatan pembangunan kedepannya,” sambung Abdullah Rasyid.

Calon Bupati nomor urut 3, H.Yaumil Ambo Djiwa,SH menyampaikan visinya kepada masyarakat Pasangkayu, dengan konsep Pasangkayu Sejahtera, Maju dan Bermartabat berlandaskan Keberagaman (Smart).

Visa tersebut dijabarkan dengan Lima Misi, pertama sumberdaya manusia yang berkualitas, kedua Menguatnya Struktur Ekonomi Produktif dan Berdaya Saing, ketiga Akselerasi Pemerataan Pembangunan, keempat Ruang dan Lingkungan yang Berkelanjutan, kelima Tata Pemerintahan yang Bermartabat (Bersih, Efektif dan Terpercaya).

” Itulah visi – misi kami dalam Lima tahun kedepan yang kami persembahkan untuk masyarakat kabupaten Pasangkayu yang kami cintai,” tutur Yaumil Ambo Djiwa.

Lanjut Yaumil, jika berbicara visi dan misi, jika nantinya terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati, mereka akan membuat suatu program – program melalui RPJPD dan RPJMD.(Jamal)

Print Friendly, PDF & Email
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *