Saturday, 24 October 2020
0 views

Benahi Danau Congko, Ini Harapan Bupati Barru

 

Barru,Tabloiddetektif.com – Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M,Si melalui Dinas Pertanian Kabupaten Barru berharap agar Danau Dusun Congko segerah di evaluasi untuk dibenahi dengan tujuan dapat mengairi area persawahan seluas 27 hektar milik masyarakat yang mengalami kekekeringan di Dusun Congko, Desa Siddo itu.

Hal tersebut dikatakan Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M,Si, saat meninjau lokasi lahan pertanian seluas 22,3 hektar area persawahan yang mengalami fuso, akibat kekeringan di Dusun Congko, Desa Siddo, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, pada hari Senin (1/10).
Akibat mengeringnya Danau Congko di Dusun itu, merupakan sala satu faktor penyebab puluhan hektar padi (Fuso) atau mengering yang melanda area persawahan tersebut, sehingga petani mengalami kerugian sekitar 10 juta rupiah perhektarnya.

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si didampingi Kepala Dinas Pertanian Kab. Barru Ir. H. Aminullah Arsyad bersama Wakil Ketua DPRD, Abdul Rahman beserta Kepala Badan Ketahanan Pangan Ir. Andi Sidda M,Si dan Kadis PU Herman Jaya, turun langsung memantau kondisi Danau dan lahan Pertanian di Desa Siddo itu.

Pada kunjungannya itu, H. Suardi Saleh, mengimbau kepada para Dinas terkait agar Danau yang biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk mengairi area persawahannya seluas 27 hektar di Dusun Congko itu untuk segerah dibenahi,” jika hal tersebut kita benahi, maka serapan air dari Danau ini dapat mencukupi kebutuhan pengairan arae persawahan masyarakat petani sekitarnya “, imbaunya.
Pentingnya hal ini kita optimalkan, lamjut Bupati H. Suardi Saleh,

” sebab Danau ini adalah sala satu aset Desa yang harus kita amankan supaya tidak berkurang luasannya, selanjutnya terlebih dahulu Danau ini kita harus evaluasi apakah pada musim penghujan sumber airnya bagus untuk mengairi persawan di Daerah ini sampai pada musim kemarau apakah debit airnya mampu bertahan pada musim bercocok tanam berikutnya, lalu kita segerah membenahi dengan membuat designnya terlebih dahulu agar kedepan Danau ini bisa dipungsikan seoptimal mungkin”, Imbaunya.(Tajuddin)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *