Wednesday, 21 October 2020
0 views

Tinggi Hilal dibawah ufuk, 1 syawal jatuh pada tanggal 5 juni

Makassar,Detektif (Inmas_Sulsel) — Berdasarkan hasil perhitungan Badan Hisab Rukyat Sulawesi Selatan yang disampaikan Abbas
Padil selaku ketua Badan Hisab Rukyat, Matahari terbenam di Makassar tanggal 03 juni 2019 pada pukul 17.56 wita dengan ketinggian hilal -0° 24″ (dibawah ufuk) maka dapat dipastikan 1 syawal 1440 H akan jatuh pada tanggal 05 Juni 2019.

Pun demikian pemaparan yang disampaikan oleh Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar Darmawan dengan sumber data astronomi Moon Polynomial Coefficient 2019 didapatkan data ketinggian hilal disekitar wilayah Sulawesi Selatan berkisar 00° -42,45′ sampai 00°-32,64′ yang berarti bulan masih dibawah ufuk sehingga menurutnya 1 syawal seperti yang telah disampaikan sebelumnya jatuh pada hari rabu mendatang.

Menyampaikan kesimpulan pemantauan, Kakanwil Kemenag Sulsel H. Anwar Abubakar menegaskan apapun hasil yang didapatkan pada hari ini akan disampaikan kepada Kementerian Agama RI sebagai bahan rujukan sidang Isbat yang akan digelar malam ini, meskipun kita yakini keberadaan hilal masih dibawah ufuk.

“Kita tentu saja masih harus menunggu keputusan resmi penentuan awal Syawal 1440 H yang akan digelar malam ini sebagai otoritas tertinggi pengambilan keputusan melalui Badan Hisab Rukyat pusat Kementerian Agama RI” tegasnya.

Lokasi pemantauan hilal wilayah Sulawesi Selatan hari ini berlangsung di Rooftop Mall GTC Makassar dihadiri oleh jajaran Kanwil Kemenag Sulsel, BMKG wilayah IV Makassar, Pengadilan Agama Sulsel, Badan Hisab Rukyat Prov. Sulsel dan beberapa perwakilan ormas keagamaan se Sulawesi selatan. (MF)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *